Pentingnya Budaya Daerah

Juli 7, 2013 at 1:01 am (Uncategorized)


Pendahuluan

Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai “kultur” dalam bahasa Indonesia.

Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki wilayah yang luas, terbentang dari Aceh sampai ke Papua. Ada 17.504 pulau yang tersebar di seluruh kedaulatan Republik Indonesia, yang terdiri atas 8.651 pulau yang bernama dan 8.853 pulau yang belum bernama. Di samping kekayaan alam dengan keanekaragaman hayati dan nabati, Indonesia dikenal dengan keberagaman budayanya. Di Indonesia terdapat puluhan etnis yang memiliki budaya masing-masing.

Negara Indonesia adalah negara kultural, yang artinya ditempati atau diduduki oleh masyarakat(rakyat) yang memiliki bermacam-macam kebudayaan. Patut disyukuri, karena walaupun Indonesia di huni oleh beranekaragam budaya, Indonesia masih tetap bisa bertahan sebagai negara yang utuh. Itu semua di karenakan adanya falsafah Indonesia yang disebut Pancasila. Dimana dalam sila ketiga telah disebutkan, yang berbunyi “Persatuan Indonesia”.

Pentingnya mempertahankan budaya yang ada di Indonesia, karena mulai masuknya budaya-budaya asing yang masuk ke Indonesia. Kurangnya filterisasi terhadap budaya asing yang masuk ke Indonesia membuat budaya yang ada di Indonesia mulai luntur. Tak hanya itu, lunturnya kebudayaan di Indonesia disebabkan oleh arus globalisasi yang sangat cepat, dimulai dari tekhnologi, hingga bahasa pun menjadi korban. Kita lihat saja, jarang sekali anak-anak sekarang yang bermain-permainan daerah, yang meraka tahu hanya playstation(PS). Itu contoh yang sangat buruk bagi Indonesia.

 

Pembahasan

1.      Pengertian Budaya

Budaya dalam suatu daerah adalah Jati Diri daerah tersebut, karena kebudayaan mencerminkan budaya itu kebiasaan yang harus senantiasa kita lestarikan agar anak cucu kita nanti dapat mempelajarinya, jangan terkecoh dengan budaya budaya asing yang masuk ke dalam negeri ini. karena disadari atau tidak budaya itu sangat amat penting bagi diri sendiri, orang lain maupun negara.

Menurut Hastangka, Peneliti Pusat Studi Pancasila menjelaskan bahwa berdasarkan dari pertanyaan tersebut telah disimpulkan bahwa apa yang membuat mereka bangga menjadi bangsa Indonesia karena Indonesia memiliki keanekaragaman budaya, suku bangsa, dan keindahan alam, serta kekayaan sumber daya alam Indonesia yang melimpah. Kedua, Apa yang membuat mereka tidak bangga menjadi bangsa Indonesia?, mereka menyimpulkan bahwa persoalannya pada para pemimpin negara yang berpikir instant,egois dan mementingkan dirinya sendiri. Korupsi menjadi masalah yang kronis dan akut karena korupsi telah menggrogoti kehidupan berbangsa dan bernegara dan telah membuat bangsa ini miskin.

2.      Pentingnya Budaya

Warisan budaya sebuah negara mencakup semua kegiatan manusia di lingkungan nyata. Hal tersebut menjadi sumber informasi kehidupan dan kegiatan manusia yang tidak dapat digantikan, dan tentang sejarah perkembangan kerajinan, teknik dan seni. Karena monumen, tempat peninggalan bersejarah dan lingkungan budaya merupakan sumber daya yang tidak dapat diperbaharui, maka pengelolaannya harus didasarkan pada perspektif jangka panjang. Monumen dan tempat budaya menjadi sumber ekspresi dan keindahan bagi banyak orang, dan masyarakat moderen dapat merasakan manfaat pemeliharaan dan penggunaan warisan budaya tersebut.

Tujuan pengelolaan Budaya adalah untuk membuat budaya atau warisan budaya tersebut tidak punah termakan zaman, maka dari itu kita sebagai generasi muda wajib untuk melestarikan budaya yang ada di Indonesia ini, agar tidak tergantikan oleh budaya asing yang masuk.

Setiap warga Negara Indonesia wajib untuk melestarikan budaya yang ada di daerah nya masing – masing agar tidak hilang termakan zaman, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan budaya yang ada di daerah masing – masing yaitu :

  • Membuat Sanggar Budaya
  • Membuat Pameran Budaya
  • Mengajak dan Mengajari generasi muda agar ikut serta dalam melestarikan budaya
  • Dan masih banyak lagi.

 

Kesimpulan

            Dari pembahasan di atas dapat di simpulkan bahwa budaya adalah jati diri bangsa Indonesia, karena di Indonesia banyak terdapat perbedaan suku, adat istiadat dan lain – lain, tetapi menjadi suatu yang sangat penting untuk di lestarikan, akan tetapi saat ini sudah mulai jarang sekali generasi muda yang mau ikut serta dalam melestarikan budaya daerah yang ada di Indonesia, oleh karena itu kita sebagai generasi muda harus ikut serta dalam melestarikan budaya daerah yang ada di Indonesia agar tidak hilang karena masuknya budaya asing ke Indonesia.

 

Daftar Pustaka

http://ina-graha.blogspot.com/

http://psp.ugm.ac.id/pentingnya-budaya-sebagai-benteng-penguatan-jati-diri-bangsa-bagi-generasi-muda.html

http://www.norwegia.or.id/About_Norway/culture/Warisan-kebudayaan/heritage/general/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: