ILMU SOSIAL DASAR DALAM BIDANG PENDIDIKAN

Oktober 17, 2012 at 10:03 pm (Uncategorized)


KATA PENGANTAR

 

Segala puji syukur saya panjatkan kehadirot tuhan yang maha esa atas rahmat dan bimbingan-Nya saya dapat menyusun makalah ini.

Makalah ini merupakan panduan bagi para mahasiswa, untuk belajar dan mempelajari lebih lanjut tentang Ilmu sosial dasar dalam bidang pendidikan   ini. Yang bertujuan dapat menumbuhkan proses belajar mandiri, agar kreativitas dan penguasaan materi pelajaran optimal sesuai dengan yang di harapkan.

Dengan adanya makalah ini di harapkan dapat membantu mahasiswa  dalam mengetahui tentang bagaimana bersosialisasi dengan baik.

Semoga makalah ini dapat bermanfaat dan senantiasa menjadi sahabat dalam belajar untuk meraih prestasi yang gemilang. Kritik dan saran dari bapak/ ibu dan juga teman-teman tetap saya harapkan guna perbaikan dan penyempurnaan untuk belajar ke depan.

 

                                                                                                                                                                                                                 Penyusun

                                                                                                                                                                                                                   ( Ragil Arfan )

 

BAB I
PENDAHULUAN

 

  • LATAR BELAKANG

Manusia adalah sosok makhluk ciptaan tuhan yang hakikatnya diciptakan tidak bisa hidup sendiri, manusia membutuhkan manusia yang lain untuk bisa hidup, bahkan untuk urusan yang sekecil apapun, oleh karena itu manusia disebut juga sebagai makhluk sosial.
Seorang manusia perlu melakukan sosialisasi yang baik dan benar terhadap lingkungannya, agar masyarakat dalam lingkungan tersebut dapat lebih mudah untuk menerima atas kehadirannya dengan baik.
Pendidikan merupakan tiang dari generasi penerus bangsa. Maka dari itu Setiap generasi penerus bangsa harus di perkenalkan dengan ilmu social dasar, dan output dari perkenalan tersebut di harapkan setiap generasi penerus dapat merasakan dampak positif dari ilmu sosialissasi bagi pendidikan tersebut.
Ilmu pendidikan termasuk sebagai salah satu ilmu sosial yang memiliki keterkaitan dengan ISD ( Ilmu Sosial Dasar). Oleh karena itu, dalam makalah ini akan membahas dan menguraikan tentang ilmu sosial dasar dalam pendidikan.
1.2. Rumusan masalah:
·
        Apakah Manfaat social dasar dalam pendidikan
·        Apakah Dampak dari tidak adanya ilmu social dasar dalam pendidikan.
·        Bagaimana peranan social dasar dalam pendidikan.
1.3. Tujuan:
a. Mempelajari tentang ilmu social dasar dalam pendidikan
b. Mempelajari Fungsi dan Peranan ilmu social dasar dalam pendidikan
c. Mendalami hal-hal tersebut pada diri kita sendiri
d. Memberikan motivasi untuk menjadi manusia yang lebih baik
1.4. Rangkuman 

Manusia adalah sosok makhluk ciptaan tuhan yang hakikatnya diciptakan tidak bisa hidup sendiri, manusia membutuhkan manusia yang lain untuk bisa hidup, bahkan untuk urusan yang sekecil apapun, oleh karena itu manusia disebut juga sebagai makhluk sosial.
Seorang manusia perlu melakukan sosialisasi yang baik dan benar terhadap lingkungannya, agar masyarakat dalam lingkungan tersebut dapat lebih mudah untuk menerima atas kehadirannya dengan baik.
Pendidikan merupakan hal terpenting dalam kemajuan bangsa Indonesia. Di samping itu pendidikan sangat memegang peranan penting dalam proses bersosialisasi. Dimana ada timbale balik antara proses social dengan pendidikan, yang pada nantinya di pakai pada kehidupan sehari-hari pada masyarakat, dan berguna di lingkungan masyarakat itu sendiri.

 

BAB II
ISI

2.1 Ilmu Sosial Dasar dalam Pendidikan 


Filsafat dan tujuan pendidikan Filsafat pendidikan mengandung nilai-nilai atau cita-cita masyarakat. Berdasarkan cita-cita tersebut terdapat landasan, mau dibawa kemana pendidikan anak. Dengan kata lain, filsafat pendidikan merupakan pandangan hidup masyarakat. Filsafat pendidikan menjadi landasan untuk merancang tujuan pendidikan, prinsip-prinsip pembelajaran, serta pendidikan dan memiliki pengaruh terhadap seluruh kegiatan pendidikan. Mengingat pentingnya kurikulum dalam pendidikan dan kehidupan manusia, maka penyusunan kurikulum tidak dapat dilakukan secara sembarangan.

Penyusunan kurikulum membutuhkan landasan-landasan yang kuat, yang didasarkan pada hasil-hasil pemikiran dan penelitian yang mendalam. Penyusunan kurikulum yang tidak didasarkan pada landasan yang kuat dapat berakibat fatal terhadap kegagalan pendidikan itu sendiri. sosial budaya dan agama tidaklah terlepas dari kehidupan kita. Keadaan sosial budayalah yang sangat berpengaruh pada diri manusia, khususnya sebagai peserta didik. Sikap atau tingkah laku seseorang sebagian besar dipengaruhi oleh interaksi sosial yang membuat sseeorang untuk bertingkah laku yang sesuai dengan kondisi lingkungan dan masyarakat sekitar. Agama yang membatasi tingkah laku kita juga sangat besar pengaruhnya dalam membuat suatu kurikulum.

 

2.2 Tujuan pokok ilmu social dasar dalam pendidikan 


Tujuan umum diselenggarakannya pendidikan Ilmu Sosial Dasar ialah pembentukan dan       pengembangan kepribadian serta perluasan wawasan perhatian, pengetahuan, dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungannya, khususnya gejala berkenaan dengan masyarakat dengan orang lain, agar daya tanggap, presepsi, dan penalaran berkenaan dengan lingkungan social dapat dipertajam. Selain itu untuk memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan social dan masalah social yang ada dalam masyarakat.
2.3 Fakta permasalahan social yang terdapat di masyarakat 


Masalah sosial adalah suatu ketidak sesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi benterokan antara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat.
Masalah sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada. Yang dapat menjadi sumber masalah sosial yaitu seperti proses sosial dan bencana alam. Adanya masalah sosial dalam masyarakat ditetapkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus seperti tokoh masyarakat, pemerintah, organisasi sosial, musyawarah masyarakat, dan lain sebagainya.

 

2.4  Dalam Bidang Pendidikan Persamaan dan Perbedaan antara Ilmu Sosial Dasar dan

        Ilmu Pengetahuan Sosial :

 

   *Adapun Persamaan Antara Keduanya :

  • Merupakan bahan studi untuk kepentingan program studi pendidikan / pengajaran
  • Disiplin ilmu yang berdiri sendiri
  • Mempunyai materi  yang terdiri dari  kenyataan sosial  dan masalah sosial

  *Adapun Perbedaan Antara Keduanya :

  • Ilmu Sosial Dasar  diberikan di Perguruan Tinggi, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial    diberikan  di Sekolah Dasar dan Sekolah  Lanjutan.
  • Ilmu Sosial Dasar merupakan  satu mata kuliah tunggal, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan  kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
  • Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.

 

 

BAB III

PENUTUP

 

3.1. Kesimpulan

Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah masalah sosial khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian pengertian (fakta, konsep teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu ilmu sosial seperti: sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi, psikologi sosial.

Dunia pendidikan adalah dunia dimana penerus generasi bangsa berkembang dan mencari jati diri dari dirinya sendiri, dalam hal ini sangan penting namun harus tetap pada kaidah dan prilaku social yang normal di masyarakat, maka dari itu diperlukannya ilmu social dasar dalam masyarakat untuk menumbuh kembangkan pengetahuan mengenai ilmu social dasar dalam masyarakat sehingga penerapan proses tepat sasaran dalam kehidupan bersosialisasi.
3.2. Saran

Untuk meningkatkah rasa Sosial maka Ilmu Pendidikan sosial tidak hanya di pelajari oleh mahasiswa tapi di aplikasikan dalam hidupnya

 

DAFTAR PUSTAKA

http://dodimaulanaf.wordpress.com/2011/12/01/makalah-6-ilmu-sosial-dasar-dalam-sosiologi/ 
http://ebookbrowse.com/makalah-pengajaran-nilai-nilai-dalam-pendidikan-ilu-ilmu-sosial-pdf-d337750458 
http://www.anakciremai.com/2009/02/makalah-ilmu-pendidikan-tentang-sistem.html 
http://oeebudhi.blogspot.com/2011/11/1-pengertian-ilmu-sosial-dasar.html

 

 

1 Komentar

  1. PERBEDAAN DAN PERSAMAAN ILMU SOSIAL DASAR DAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL | Oh-My God Kimchi said,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: